Belajar Copywriting Bagian #2

Ada sebuah formula dalam membuat copy yang mampu menyihir orang lain supaya ketagihan dengan penawaran Anda. 

Formula ini disingkat dengan AIDA. 

AIDA merupakan kepanjangan dari AttentionInterestDesireAction

Tulisan yang kita buat harus bisa menangkap perhatian pembaca. Cara kita menarik perhatian mereka bisa melalui Judul/headline, Gambar, Kalimat-kalimat pembuka.

ATTENTION

Tulisan yang kita buat harus bisa menangkap perhatian pembaca. Cara kita menarik perhatian mereka bisa melalui Judul/headline, Gambar, Kalimat-kalimat pembuka.

Beberapa tips untuk manangkap perhatian mereka :

  • Berikan apa yang buyer personaAndapedulikan terkait bisnis Anda.
  • Sajikan solusi dari permasalahan utama dari buyer persona Anda.
  • Buatlah mereka yang membaca tulisan Anda merasa “nah ini gue banget“

Contoh kalimat untuk menarik perhatian :

“Ingin menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam sebulan tanpa diet ketat yang menyiksa diri?”

“Kembalikan tubuh langsing Anda seperti dulu lagi”

“Tidak punya waktu dan energi untuk olahraga? Sekarang Anda juga bisa menurunkan berat badan tanpa perlu merasa lelah di tempat kerja”

INTEREST

Buatlah mereka merasa tertarikdengan Anda. Karena Anda telah berhasil menangkap perhatian merea, maka selanjutnya Anda harus membuat mereka melanjutkan membaca dan tertarik dengan anda. Buat mereka sadar dengan besarnya masalah mereka.

Untuk memancing interest, bisa kita berikan :

  • Informasi/fakta
  • Statistik
  • Studi kasus
  • Alasan

Contoh kalimat :

“Dengan menggunakan suplemen [merek], Anda akan:

  • Mampu menurunkan berat badan hingga 20kg dalam kurang dari30 hari.
  • Bisa menggunakan lagi bajukesayangan anda yang sudah sempit.
  • Tetap punya banyak waktu untuk keluarga dan pekerjaan”

DESIRE

Dalam tahap ini Anda akan membuat mereka sangat menginginkan produk/layananAnda.Desire hampir mirip dengan interest, bedanya, pada DESIRE akan lebih banyak bermain dengan emosi dan logika.

Caranya adalah dengan menyebutkan benefits atau manfaat, memancing emosi negatif dan memberikan solusi kepada mereka.

Contoh : 

Rutinitas pekerjaan Anda sehari-hari membuat banyak energi yang terkuras.  Setiap hari Anda harus bangun pagi, berangkat ke kantor dan baru tiba kembali dirumah pukul 7 malam.

Dengan rutinitas Anda yang seperti ini, olahraga dan diet ketat menjadi hal yang mustahil dilakukan.

Untungnya, suplemen [ XXX ] hanya membutuhkan 1 menit dalam sehari. 1 Tablet sebelum makan, dan [ XXX ] akan membakar lemak ketika Anda duduk santai di depan komputer.

ACTION

Merupakan tahapan yang sederhana, mengajak mereka untuk mengambil tindakan / melakukan sesuatu seperti yang Anda inginkan. Apapun tindakan yang anda inginkan — membeli produk, mengirim email, menelepon — tuliskan di bagian ini. Bagian ini sering disebut call to action (CTA).

Di dalam CTA Anda masih bisa menambahkan hal lain. Anda bisa memberikan bonus tambahan jika mereka order hari ini juga, karena faktanya calon pembeli sangat tertarik dengan sesuatu yang Anda berikan diluar produk yang Anda jual, sehingga mereka tidak berpikir lama-lama lagi untuk membeli produk Anda. Yang perlu Anda perhatikan dalam memberikan bonus yaitu, bonus harus terkait dengan produk utama dan bisa digunakan suatu saat nanti.

Contoh penggunaan call to action :

  • Klik disini
  • Beli sekarang !
  • Chat ke whatsapp kami di nomor 0813123xxx untuk mendapatkan harga promo !
  • Segera SMS ke 0813123xxx  dengan format Nama_Alamat_BONUS123 untuk mendapatkan bonus tambahan !
  • Klik disini untuk mendapatkan bonus kaos kaki lucu !

Jika Anda sudah membuat masing-masing formula, sekarang coba Anda gabungkan semuanya, sehingga menjadi sebuah kalimat yang mengandung struktur copy AIDA.

Gimana, sudah mulai paham kan bagaimana cara membuat copywriting ???

Besok saya masih akan membahas tentang copywriting, jadi simak saja info dari saya besok. ˆ_ˆ