Membuat Buyer Persona

Di dalam sebuah buku berjudul DOTCOM SECRETS yang ditulis oleh Russel Brunson dijelaskan sangat detail sekali bagaimana seharusnya kita berbisnis, salah satunya adalah kita harus mengerti betul siapa orang yang akan membeli produk kita.

Tidak hanya itu saja, kita juga harus bisa membayangkan siapa sebenarnya calon pembeli produknya, kebiasaan mereka seperti apa, apa yang mereka sukai, termasuk mengetahui tujuan, impian dan keinginan mereka yang sebenarnya.

Bagi Anda hal ini mungkin terlihat tidak penting, tapi jika Anda memahaminya lebih dalam, ini akan memudahkan Anda dalam menentukan siapa siapa sebenarnya calon pembeli potensial produk Anda. Seperti yang saya bilang di materi sebelumnya bahwa kita tidak mungkin menjual sebuah produk ke semua orang, karena setiap orang memiliki masalah dan kebiasaan yang berbeda-beda.

Di materi sebelumnya saya sedikit menyinggung tentang “Riset Target Market

Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Target market disebut juga sebagai calon pembeli potensial produk Anda.

Jadi, Riset Target Market adalah suatu proses penelitian yang dilakukan dengan aktif, tekun dan sistematis yang bertujuan untuk mengerti siapa calon pembeli potensial dari produk Anda.

Cara mudah untuk melakukan riset target market adalah dengan membuat buyer personanya terlebih dahulu.

Buyer persona adalah gambaran ideal mengenai karakteristik yang mewakili customer Anda.

Walaupun istilahnya sangat sederhana, tapi dalam penerapannya cukup banyak hal yang dibahas.

Jika Anda mau tau detailnya seperti apa, Hubspot sudah menjelaskan tentang buyer persona DISINI.

Tapi, saya tidak akan menjelaskan mengenai Buyer Persona seperti yang dijelaskan seperti Hubspot. Walaupun sebenarnya lebih bagus jika mengikuti yang disarankan oleh mereka, karena lebih detail lebih bagus hasilnya.

Disini saya bahas saja beberapa poin pentingnya, yang bisa di aplikasikan untuk Anda yang ingin berjualan online.

#1. Demografi

  • Usia
  • Jenis Kelamin / Gender
  • Pekerjaan
  • Tingkat Penghasilan
  • Pendidikan
  • Tempat Tinggal
  • Status Perkawinan
  • DLL

#2. Behavior

  • Hobi
  • Minat / Ketertarikan
  • Media Sosial yang digunakan
  • Forum Online yang diikuti
  • DLL

#3. Ambisi (tujuan) & Tantangan

  • Misalnya mereka ingin lebih cantik, ingin terlihat lebih langsing, tidak punya waktu luang untuk berolahraga, dll

#4. Yang bisa Anda bantu untuk membantu buyer mencapai tujuannya

  • Disini Anda bisa menjadi solusi/jawaban atas tujuan dan tantangan yang mereka hadapi dengan menawarkan produk yang akan Anda jual.

=====

Silahkan Anda buat dulu buyer persona untuk produk yang akan Anda jual, dengan demikian Anda akan dengan mudah menjual produk dan Anda juga akan mengerti kepada siapa produk tersebut akan Anda tawarkan. 

Buyer persona ini berguna sekali ketika Anda akan membuat bahasa promosi dan menentukan siapa target iklan ( Targeting ) jika Anda beriklan dengan Facebook Ads.

Jadi, pelajarilah mulai dari sekarang !

Sampai bertemu besok.

 

Terima Kasih,

Agus Kristianto