Mindset Yang Harus Ada Ketika Beriklan di Facebook

Bagi Anda yang ingin melakukan jangkauan pasar yang lebih luas, maka promosi melalui media sosial merupakan langkah tepat yang bisa Anda gunakan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa di Indonesia sendiri pengguna aktif facebook sudah mencapai 130jt orang.

Data Pengguna Facebook di Indonesia

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pengguna bisa Anda sasar, karena setiap produk maupun jasa memiliki karakter pembeli yang berbeda. Tidak semua pengguna facebook akan menjadi pembeli produk Anda.

Kali ini saya akan menjelaskan beberapa mindset yang harus Anda ketahui ketika mulai beriklan di facebook. Saya sering menemukan orang-orang yang masih salah kaprah ketika mereka mulai beriklan di facebook.

Contoh kasus yang sering saya temui adalah kebanyakan dari mereka berharap langsung mendapatkan banyak orderan ketika sudah beriklan di facebook, ditambah lagi mereka kebingungan dan kurang mampu menganalisa kenapa produknya tidak laku-laku.

Perlu Anda ketahui bahwa Facebook Ads adalah salah satu penghasil traffic berbayar, bukan penghasil closing atau terjadinya pembelian. Kita menggunakan Facebook Ads hanya untuk mengenalkan produk kita ke orang-orang yang belum mengerti menjadi mengerti, belum minat menjadi minat beli.

Keberhasilan terjadinya pembelian tergantung bagaimana Anda melayani calon pembeli & bagaimana Anda melakukan follow up kepada mereka. Untuk cepat terjadinya closing ( pembelian ) dan follow up ada tekniknya, ada ilmunya !

Ada faktor lain yang perlu Anda ketahui, kenapa ketika Anda sudah beriklan di facebook, produk/jasa yang Anda tawarkan masih tidak laku juga. Besar kemungkinan Anda menargetkan iklan ke target iklan yang tidak membutuhkan produk/jasa Anda.

Jika Anda baru pertama kali ingin beriklan, yang harus Anda pahami dan harus Anda lakukan adalah melakukan riset audience. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, kita dapat mengetahui audience mana saja yang menurut data facebook berpeluang untuk tertarik dengan produk yang Anda.

Selain melakukan riset audience, hal penting yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan split test. Beberapa hal yang bisa Anda split test :

  1. Kota

  2. Usia

  3. Jenis kelamin

  4. Interest

  5. Placement ( Penempatan Iklan )

  6. Gambar

  7. Copywriting

  8. Dll

Tujuan melakukan split test adalah untuk mendapatkan data supaya di campaign berikutnya kita bisa memilah mana audience yang bagus dari hasil split test yang sudah kita lakukan sebelumnya. Banyak pemula yang menghindari split test, karena selain ribet juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Terakhir yang perlu Anda ketahui ketika ingin beriklan di Facebook, ada istilah “PAY TO PLAY” yang artinya adalah siapa saja yang berani membayar, mereka lah yang siap bermain. Jika Anda sudah siap beriklan di Facebook, maka pastikan bahwa diri Anda sudah siap menginvestasikan uang Anda disana. Anda tidak hanya siap untung saja, tapi juga harus SIAP RUGI !

Jangan heran jika seminar atau workshop seputar online marketing dan khususnya Facebook Ads biayanya hingga jutaan rupiah. Sederhananya, jika Anda belum mampu [ MAAF ] membayar workshop jutaan rupiah, bagaimana nanti jika dalam prakteknya Anda harus mengeluarkan uang puluhan juta hanya untuk menjalankan iklan.

Besok saya akan mulai ke pembahasan teknis Facebook Ads, jadi pantau terus info dari saya ya.