Mulai Beriklan Dengan Facebook Ads

Ketika akan mencari traffic, maka kita akan dihadapkan dengan 2 pilihan, yaitu gratisan atau berbayar.

Tidak ada yang salah ataupun benar ketika memilih salah satunya, yang salah adalah kalau kita belum pernah mencoba dua-duanya tapi sudah berani bilang “Facebook Ads jelek, soalnya bla bla bla …”

Padahal ngiklan saja belum pernah… hehehe

Ada kok teman saya yang seperti itu, tapi yasudah saya abaikan saja.

2 jenis traffic ini memang masih jadi pergunjingan di dunia internet marketing …
( Ciye elaah pergunjingan, kayak apa aja )

Tapi memang benar demikian yang terjadi, seperti ada dua kubu disini.
Kubu 1 bilang yang gratisan itu lebih oke, kubu lainnya juga bilang kalo Facebook Ads itu lebih bagus.
Kembali ke pilihan masing-masing dan mana yang paling menghasilkan.

Sekarang fokus ke materi aja yaa, saya mau bahas Facebook Ads …

Facebook Ads merupakan fitur yang disediakan oleh Facebook, supaya penggunanya dapat mempromosikan atau mengiklan produknya menggunakan Fanpage dengan jangkauan dan tujuan yang berbeda-beda yang telah diatur oleh pemasang iklan ( pengguna facebook).

Di Facebook Ads kita dapat memilih audience ( orang yang akan melihat iklan ) berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, minat, kebiasaan dan perangkat yang dipakai saat membuka Facebook.

Dengan target audience yang spesifik ini maka kita dapat menyasar ke pengguna yang lebih tertarget, dengan demikian promosi yang dilakukan lebih tepat sasaran dan produk yang Anda jual lebih cepat closing.

Selain itu, dengan biaya yang sangat terjangkau, minimal Rp10.000 Anda sudah bisa beriklan di Facebook. Selain terjangkau, beriklan di Facebook sangat mudah sekali mengukurnya, di materi lain akan saya jelaskan bagaimana cara membaca datanya.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memasarkan produk atau jasa melalui Facebook Ads.

1. Murah

Biaya beriklan di Facebook sangatlah murah dibandingkan dengan media periklanan online lainnya. Hanya dengan biaya minimal Rp10.000 Anda sudah bisa beriklan di Facebook.

2. Jenis Iklan Bervariasi

Berikut ini adalah jenis iklan yang bisa digunakan :

  • Meningkatkan interaksi postingan/status di Fanpage ( PPE )

  • Meningkatkan jumlah like fanpage ( PL )

  • Meningkatkan jumlah traffic ke website ( CTW )

  • Meningkatkan konversi di website

  • Meningkatkan jumlah install aplikasi

  • Meningkatkan jumlah interaksi aplikasi

  • Memperluas jangkauan bisnis local

  • Meningkatkan jumlah kehadiran acara/event

  • Menawarkan discount produk

  • Meningkatkan jumlah penonton video

  • Beriklan di Instagram

 

3. Penempatan Iklan Strategis

Berikut ini adalah beberapa lokasi penempatan iklan di Facebook :

  • Personal Computer ( PC ), Laptop

  • Smartphone

  • Newsfeed / Timeline : Kabar berita facebook

  • Right Column : Kolom bagian kanan facebook

  • Jaringan iklan facebook lainnya ( Beriklan di BBM )

  • Instagram

 

4. Sangat Tertarget

Di facebook Anda bisa memilih target yang melihat iklan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat dan perilaku pengguna facebook.

 

5. Viral

Dengan Facebook ads Anda bisa menciptakan sebuah iklan yang bisa menjadi viral. Hal ini terjadi karena adanya interaksi seperti LIKE, SHARE & COMMENT. Interaksi yang bagus akan menciptakan snowball ( bola salju ) dalam rangka melakukan branding dan strategi meningkatkan pertumbuhan bisnis online Anda.

Nah, itulah 5 alasan mengapa Anda harus beriklan di Facebook. Di materi selanjutnya, saya akan membahas mengenai mindset yang harus Anda ketahui sebelum beriklan di Facebook.