Mulai Datangkan Traffic Ke Toko Online Anda !

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menjelaskan banyak hal tentang bagaimana cara memulai jualan online.

Mulai dari bagaimana mindset dalam berjualan online, memilih niche produk, funneling, copywriting, mencari supplier dan membuat toko online.

Jika Anda sudah mempelajari semua hal diatas, sekarang sudah waktunya Anda untuk mendatang traffic ke toko online Anda.

Traffic adalah jumlah banyaknya orang yang melihat postingan maupun yang mengunjungi website Anda. Tanpa traffic segala sesuatu yang Anda tawarkan menjadi sia-sia.

Banyaknya Traffic disini bertujuan untuk mendatangkan calon pembeli produk yang Anda jual.

Percuma saja Anda membuat bahasa iklan yang menarik.
Percuma tampilan toko online Anda sebagus apapun.

Jika tidak ada traffic atau yang melihat, semuanya menjadi sia-sia.

Dengan adanya traffic, mereka yang tadinya membaca, melihat produk, mulai akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Jika Anda membaca materi tentang funneling, maka disana Anda akan melihat pada corong bagian atas adalah mencari traffic sebanyak-banyaknya.

Anda bisa menggunakan sumber traffic apapun, boleh gratisan maupun berbayar. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Mungkin Anda bertanya, “memang apa pentingnya traffic?”
Jawabannya, tentu saja penting !

Karena jika toko online Anda tidak memiliki traffic, itu artinya toko online Anda bisa dianggap toko online yang akan mati perlahan-lahan.

Memangnya mauu ?
Tentunya Anda tidak mau hal itu terjadi kan ?

Nah, berikut ini akan saya jelaskan sumber traffic yang bisa Anda manfaatkan untuk toko online yang sedang Anda mulai.

 

1. SOSIAL MEDIA

Sekarang ini jamannya media sosial, siapa sih pengguna internet yang tidak memiliki sosial media. Anda bisa memanfaat media sosial seperti Facebook dan Instagram sebagai sumber traffic toko online yang Anda miliki.

Fungsi lain media sosial adalah sebagai media interaksi antara toko online Anda dengan pembeli, sehingga jarak antara pembeli dan penjual menjadi semakin dekat. Ini sangat cocok jika Anda tidak hanya membangun toko online, tapi bisa digunakan juga ketika Anda sedang membangung brand.

 

2. SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ( SEO )

Contoh traffic gratisan adalah dari search engine seperti Google. Untuk memanfaatkan search engine sebagai sumber traffic, Anda harus mempelajari teknik SEO. SEO adalah sebuah teknik dalam internet marketing yang bertujuan membuat website Anda berada di halaman 1 mesin pencari.

Website yang berada di halaman 1 mesin pencari memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi, semakin banyak pengunjung makan semakin banyak lead/prospek yang masuk dan semakin banyak prospek yang masuk maka akan semakin besar pula peluang yang membeli produk Anda.

 

3. BERIKLAN DENGAN FACEBOOK ADS

Ini adalah salah satu sumber traffic berbayar, fitur ini disediakan oleh Facebook untuk membantu penggunanya dalam menjalankan bisnis. Syarat untuk menggunakan fitur ini adalah Anda sudah harus memiliki Fanpage terlebih dahulu.

Biaya beriklannya pun sangat terjangkau, hanya dengan biaya minimal Rp10.000 Anda sudah bisa beriklan. Tapi jangan salah kaprah dulu, karena banyak pemula yang beranggapan ketika mereka sudah beriklan, maka produk yang mereka iklankan akan langsung laris manis terjual.

Ingat, ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa produk Anda bisa laris. Produk yang Anda jual sangat mempengaruhi.

Jadi, jangan pernah berharap terlalu tinggi ketika sudah beriklan di Facebook, lalu akan banyak yang menghubungi dan membeli Anda.

Mungkin Anda bertanya “Jadi mana yang lebih bagus ? Gratisan atau berbayar ?
Menurut saya pribadi, dua-duanya bagus, apalagi jika dua-duanya dimaksimalkan.

Jadi, coba saja dua-duanya, bukankah dengan mencoba kita akan tau mana yang lebih bagus ?
Karena bisnis setiap orang itu hasilnya berbeda-beda, walaupun produk yang dijual sama.

Besok saya akan membahas tentang whatsapp marketing, Anda wajib tau karena banyak toko online yang memanfaatkan whatsapp sebagai tempat mereka closing ( terjadinya penjualan ).