DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

5 Tipe Strategi Harga Diskon Yang Efektif

Siapa sih yang tidak pernah mencari harga diskonan ketika belanja? Semua orang pasti pernah melakukannya. Harga Diskon merupakan salah satu strategi marketing tertua dan efektif meningkatkan penjualan.

Namun Strategi Harga Diskon ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi kebiasaan belanja orang Indonesia, maka strategi diskon harus disesuaikan dengan kebiasaan persona ini.

Masalah yang sering kali dikeluhkan mengenai diskon adalah: “Diskon memotong profit margin”.  Ini hal utama yang harus di hindari, jangan memotong profit margin Anda hanya untuk memenangkan customer.

Berikut adalah 5 Tipe Utama Strategi Diskon yang umum digunakan.

  1. Customer Value Discounts

Segmentasi pelanggan ke dalam kelompok penting untuk bisnis dan pemasaran produk. Dengan mengkelompokkan customer Anda, maka semakin mudah untuk mengenali pola belanja yang efektif.

Berdasarkan pola ini, ciptakan penawaran yang berbeda. Contohnya Diskon  10% untuk customer yang baru pertama kali berkunjung ke website Anda dan Diskon 20% untuk customer yang melakukan pembelian kedua.

Anda juga bisa mengelompokkan customer berdasarkan bulan ulang tahun dan memberikan Birthday Promotion.

  1. Product Life Cycle Discount

Strategi Diskon ini berdasarkan siklus pajang produk Anda. Sudah berapa lama produk Anda berada di market? Apakah ada banyak stok lama?.

Contohnya ketika supermarket mengadakan big sales untuk produk yang akan expired dalam waktu 3 bulan. Jika sudah expired, maka nilai jual produk tersebut adalah nol.

  1. Seasonal Discount

Dengan memanfaatkan moment tertentu, Anda dapat menerapkan strategi ini. Contohnya “Ramadhan Sale” atau “Christmas Sale”.

Perhatikan momen spesial yang ada, buatlah strategi promosi diskon berdasarkan moment spesial tersebut.

  1. Bundle Discount

Bundle Discount secara sederhana adalah diskon yang diberikan ketika customer melakukan pembelian 2 barang atau lebih secara bersamaan.

  1. Free Ongkir

Gratis biaya ongkos kirim sebenarnya bukan termasuk strategi harga diskon. Namun strategi ini membantu menarik minat calon customer Anda. Sebaiknya gunakan cara Gratis Ongkir dengan pembelian minimum tertentu.

Memilih strategi diskon yang tepat bisa membuat Anda bingung. Namun jika Anda mengikuti tips diatas ini, Anda tidak perlu membuang waktu untuk memikirkanya dari awal.

Apa Anda punya ide strategi diskon yang lain? Share dibawah ya!

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *