7 Alasan Kenapa Anda Harus Berjualan Online Sekarang Juga !

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda, kenapa Anda harus berjualan online sekarang juga. Jika Anda aktif di sosial media, maka Anda akan menemukan beberapa berita yang menjadi viral bahwa perekonomian di Indonesia sedang lesu.

Pernyataan ini langsung dibantah oleh pendiri Rumah Perubahan, yaitu Pak Rhenald Kasali. Beliau menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia tidak lesu, tetapi memang sedang ada perpindahan kegiatan suatu bisnis dari offline ke online. Jika perekonomian sedang lesu, kenapa jalanan semakin macet setiap harinya ?

Tulisan dari Pak Rhenald Kasali bisa Anda baca disini :
http://www.rumahperubahan.co.id/blog/2017/07/29/daya-beli-terpuruk-tetapi-jalan-semakin-macet-kompas-com/

Perpindahan bisnis dari offline ke online semakin dikuatkan dengan salah satu postingan di Fanpage Badan Pusat Statistik dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat di Kantor Kemenkominfo.

Bisa Anda baca disini :
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1752336408392330&id=1394866840805957

 

Belajar Jualan Online

Achmad Zaky ( CEO Bukalapak ) menyatakan bahwa Bukalapak mengalami peningkatan transaksi dan jumlah pelapaknya setiap hari. Saat ini dalam 1 bulan transaksi di Bukalapak sudah mencapai Rp 1 Triliun, dengan jumlah transaksi per harinya sebanyak 150.000.

 

 

Belajar Jualan Online

Aulia E. Marinto ( CEO BLANJA.com ) juga menyatakan bahwa traffic BLANJA.com naik hampir 500% dibandingkan dengan tahun 2016, dimana kontribusinya berasal dari penjualan produk fashion, healt dan beauty.

 

 

Mohamad Feriadi ( CEO JNE ) salah satu jasa pengiriman paket juga menyatakan bahwa pertumbuhan jumlah pengiriman JNE dari tahun 2010 sampai akhir tahun 2016 juga selalu konsisten mencapai 30%. Dengan jumlah pengiriman paket setiap bulannya rata-rata mencapai 16 juta, dimana 60%-70% pengiriman JNE berasal dari e-commerce dan marketplace.

 

 

Belajar Jualan Online

Siti Fauziah ( Comms Lead Tokopedia ) juga menjelaskan bahwa saat ini di Tokopedia terdapat jutaan merchants yang menghasilkan lebih dari 1 Triliun per bulan.

 

 

Dengan data ini, kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa perpindahan bisnis dari offline ke online memang sudah terjadi dan akan terus meningkat kedepannya.

Apalagi ditambah dengan adanya informasi pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu, dimana Tokopedia baru saja menerima pendanaan sebesar 14 Triliun dari Alibaba.

Beritanya bisa Anda cek disini :
https://id.techinasia.com/flash-tokopedia-raih-pendanaan-rp14-triliun-dari-alibaba

Jika Alibaba sampai ingin invest di Tokopedia, itu artinya ecommerce di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar.

Dari data-data diatas bisa kita lihat bahwa berjualan online memang sangat menjanjikan, apalagi pertumbuhan setiap marketplace selalu naik terus menerus, setiap hari ada orang baru yang mulai berjualan online, sekarang saatnya Anda juga mulai berjualan online.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui, kenapa Anda harus berjualan online sekarang juga !

1. Bebas Waktu

Rata-rata jam kerja toko fisik mulai dari pukul 09.00-17.00. Apa yang terjadi setelah toko tutup ? Tentu kita akan kehilangan pelanggan. Dengan membuat toko online, kita bisa membuka toko selama 24 jam. Selama website masih bisa diakses, pelanggan Anda bisa melakukan order kapan saja.

 

2. Bebas Lokasi

Jika kita membuka toko fisik, kita harus memperhatikan lokasinya. Apakah strategis atau tidak. Berbeda dengan toko online, kita tidak perlu memperhatikan faktor lokasi. Karena selama internet dan toko online kita masih bisa di akses, selama itu juga bisa mendapatkan pelanggan, bahkan pelanggan yang berasal dari kota yang berbeda.

 

3. Bebas Ruang

Jika kita membuka toko fisik, kita perlu etalase untuk menampilkan produk yang akan dijual. Tapi dengan toko online, kita hanya perlu mengaturnya saja tanpa perlu rak dan ruangan yang luas. Kita hanya perlu menampilkan beberapa foto dari produk yang akan kita jual.

 

4. Marketnya Luas

Kita tahu bahwa jangkauan internet itu sangat luas. Produk yang Anda jual tidak hanya dikenal oleh keluarga, teman dan sudara Anda saja, melainkan akan dikenal oleh seluruh nusantara bahkan luar negeri. 

 

5. Teknologi Semakin Maju

Semakin hari perangkat teknologi informasi seperti laptop, tablet bahkan handphone makin diminati dan digunakan. Bahkan banyak pula yang menggunakan perangkat ini untuk mengakses toko online untuk membeli barang-barang yang mereka suka melalui internet. Maka, kesempatan menikmati hasil jualan online Anda juga akan semakin maksimal.

 

6. Tidak Mengenal Cuaca

Dengan berjualan online, Anda tidak perlu takut dengan cuaca seperti banjir, longsor dan bencana alam lainnya. Meskipun dalam keadaan seperti ini, pembeli tetap akan berdatangan sendiri ke toko online Anda.

 

7. Tanpa Memiliki Produk

Jika Anda berjualan online, Anda tidak perlu memiliki produk sendiri. Anda bisa menjual produk orang lain dan meminta mereka untuk melakukan proses pengiriman juga. Model bisnis seperti ini biasa kita kenal dengan istilah dropship.


KEMBALI KE SEMUA MATERI