Dapatkan Strategi Terbaru Berjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan 3x Lebih Banyak

Masukan Nama dan Email Aktif Anda, Kemudian Klik Tombol DAFTAR SEKARANG Untuk Mendapatkan Materinya

Bagaimana Menentukan Tolak Ukur Keberhasilan Sebuah Promosi

promosi

Bagaimana mungkin menjalani suatu bisnis tanpa berpromosi dapat berhasil? Tentu terdengar sangat mustahil. Melakukan promosi adalah hal yang selalu dilakukan oleh pemilik bisnis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan atensi yang lebih kepada pelanggan kita ataupun calon pelanggan kita. Ketika berpromosi anda harus menampilkan informasi ataupun penawaran yang sangat menarik bagi pelanggan anda. Anda harus menjalankan serangkaian strategi promosi yang dibuat dan menjalankannya. Kemudian anda harus memantau promosi anda untuk menilai apakah berhasil atau tidak. Analisa terhadap promosi anda perlu dilakukan agar jangan sampai anda melakukan promosi namun tidak mendapatkan apa yang anda harapkan.

Lalu bagaimana menentukan tolak ukur dari keberhasilan promosi yang anda lakukan? Berikut adalah jawabannya.

1. Tentukan tujuan promosi yang terukur

Bagaimana anda dapat menentukan tolak ukur jika anda belum memiliki tujuan untuk melakukan promosi. Pertama kali dalam menentukan tolak ukur adalah memiliki tujuan promosi yang dapat diukur pula. Misalkan anda ingin melakukan promo untuk meningkatkan penjualan dari bulan lalu, maka hasil yang seharusnya anda dapatkan setelah berpromosi adalah laporan penjualan yang meningkat dari bulan sebelumnya.

2. Melihat Laporan ROI

Dalam melakukan promosi pasti ada biaya yang dikeluarkan. Biaya yang kita keluarkan juga termasuk investasi untuk mencapai tujuan promosi kita. Dalam dunia sales ROI atau Return of Investmen adalah perhitungan rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi. Rumus menghitung ROI adalah ROI = ( Total Penjualan ā€“ Investasi ) / Investasi x 100%. Contoh apabila Misalnya anda berinvestasi sebesar Rp 10.000.000 menghasilkan penjualan sebesar Rp 15.000.000, berarti diperoleh laba sebesar Rp 5.000.000. Maka secara sederhana perhitungan ROI dalam presentase adalah = ((Rp 15.000.000 ā€“ Rp 10.000.000) / Rp 10.000.000) x 100% adalah sebesar 50%. Maka dapat disimpulkan tingkat ROI nya adalah sebesar 50%.

3. Promosi menjangkau target market

Persoalan laba tidak selalu menjadi tolak ukur keberhasilan suatu kegiatan promosi, terkadang promosi juga digunakan untuk mendapatkan atensi terhadap target market kita yang baru. Untuk mengukur keberhasilannya anda harus membuat angket kecil darimana pelanggan anda mendapatkan informasi mengenai promo anda. Jika dari hasil survey sesuai dengan karakteristik dan jumlah target maka promosi anda dinilai berhasil.

 

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *