Belajar SEO Bagian 3

Riset Kata Kunci sangat diperlukan dalam mengoptimasi kata yang akan dikerjakan. Hal ini akan kita abaikan jika sebelumnya sudah terlanjur memiliki nama domain yang sangat tidak relevan dengan kata kunci. Sebagai gantinya kita akan membuat blog feeder dengan menggunakan teknik Riset Kata Kunci ini.

Dalam menentukan sebuah kata kunci, hal yang penting untuk dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap jumlah competitor kita di mesin pencari, sebagai contoh kita akan menentukan kata kunci “ Kuliner Balikpapan”.

  • Buka URL google.co.id dan silahkan ketik kata “ Kuliner Balikpapan” dan lihat berapa jumlah halaman website yang di referensikan oleh Google. Jumlah competitor biasanya akan muncul tepat dibawah kotak hasil pencarian. Untuk kata kunci “ Kuliner Balikpapan” Sekitar 628,000 hasil (0.40 detik)“. Jumlah ini sangat menentukan tingkat optimasi kata kunci kita nantinya.
  • Berikut ini adalah tingkat kesulitan sebuah kata kunci yang akan di optimasi :
    1. Untuk hasil pencarian dibawah 2 juta masuk dalam kategori mudah.
    2. Untuk hasil pencarian antara 2 juta s/d 10 juta masuk dalam kategori standar.
    3. Untuk hasil pencarian antara 10 juta s/d 40 juta masuk dalam kategori sedang.
    4. Untuk hasil pencarian sekitar 40 juta keatas termasuk dalam kategori sulit.
  • Untuk hasil pencarian yang masuk dalam kategori sulit biasanya membutuhkan waktu pencapaian yang diperlukan lebih lama. Terkadang jumlah kompetitor yang sedikitpun memiliki nilai kompetisi yang tinggi di mata mesin pencari, ini disebabkan karena banyaknya praktisi SEO yang mengoptimasi kata kunci tersebut. Contoh kata kunci : Jasa SEO

Melakukan Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner

Dalam hal ini saya anggap Anda sudah memiliki email Gmail, selanjutnya ikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Silahkan buka url berikut di browser Anda : https://adwords.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/
  • Silahkan Login dengan akun Gmail Anda
  • Masuk ke halaman dashboard
  • Pilih Keyword planner
  • Pilih “Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa,situs,web, atau kategori”
  • Silahkan masukan kata kunci yang akan Anda riset, contoh kata kunci yang saya riset adalah “ Kuliner Balikpapan” lalu klik dapatkan ide.
  • Akan muncul halaman seperti ini dan silahkan pilih tab “ Ide Kata Kunci” maka akan muncul semua data yang dikeluarkan oleh Google berdasarkan kata kunci yang kita masukan tadi. Jangan lupa untuk melakukan filter pada bagian “Penelusuran Bulanan Rata-Rata” untuk melihat kata kunci apa saja yang selalu ramai dicari melalui mesin pencari.
  • Klik tab “Ide Kata Kunci“, maka Google secara otomatis menampilkan ide kata kunci yang dapat kita gunakan nanti, kata kunci yang muncul ini bisa kita manfaatkan sebagai nama domain blog feeder dan judul artikel.

Dari hasil riset tersebut dapat kita analisa, ada beberapa kolom yang menunjukan nilai kompetisi dan jumlah pencarian perbulannya. Nilai kompetisi yang menunjukan tinggi (high) berarti kata kunci tersebut memiliki nilai mahal di Addwords – PPC milik Google dan berimbas kepada banyaknya orang  yang mengoptimasi kata kunci tersebut. Sedangkan jumlah pencarian perbulan merujuk kepada banyaknya orang yang menggunakan kata kunci tersebut dalam satu bulan – kata kunci ini bisa kita pergunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung.

Sekarang tugas  Anda adalah meriset sebuah kata kunci dengan nilai pencarian besar perbulannya (monthly search) – low competitionnya dan kecil jumlah kompetitor di hasil pencarian.

TUGAS 1

  1. Buatlah blog baru / blog feeder yang menggunakan hasil riset kata kunci.
  2. Untuk pembuatan blog baru gunakan saja blogspot.com dengan nama domain menggunakan kata kunci yang sudah kita riset sebelumnya.
  3. Contoh “ Kuliner Balikpapan” pada domain blog yang akan kita buat bisa menggunakan kata kunci turunanannya, seperti kulinerkhasbalikpapan.blogspot.com , infokulinerbalikpapan.blogspot.com.