DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Bingung Harus Memulai Branding Bisnis Online dari Mana? 4 Tips ini Bisa Menjadi Panduan Anda untuk Memulainya

memulai branding untuk bisnis online

Di era digital seperti saat ini, sudah waktunya bagi pemilik bisnis untuk membuat brand bisnis mereka sendiri. Mengapa? Karena Anda lebih paham daripada orang lain tentang bagaimana brand Anda dibuat. Jika Anda siap untuk membuat identitas brand untuk bisnis Anda tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana, posting ini akan menguraikan cara memulai branding untuk bisnis online Anda, mulai dari langkah paling sederhana berikut ini sampai selesai.

1. Ketahui Mengapa

Sebelum Anda mulai membangun brand Anda, gali lebih dalam dan temukan motivasi Anda membuat branding tersebut. Mulailah bertanya pada diri sendiri: Apa yang ingin saya capai untuk brand saya? Berapa lama saya perlu brand ini bertahan? Apa karakteristik/ciri khas brand saya?

2. Ketahui Siapa

Sebelum Anda menempatkan satu piksel di layar untuk memulai desain brand produk, Anda harus memahami siapa yang ingin Anda jangkau dengan brand Anda. Inilah yang harus Anda pahami tentang pelanggan ideal Anda:

  • Rentang usia mereka : kelompok usia berapa yang mayoritas pelanggan Anda
  • Jenis kelamin mereka : apakah ada lebih banyak pria atau wanita dalam grup yang Anda targetkan?
  • Tingkat pendidikan mereka : apakah itu sekolah menengah, perguruan tinggi, pasca sarjana?
  • Jenis pekerjaan apa yang mereka miliki : Apakah mereka wiraswasta, apakah mereka bekerja untuk sebuah perusahaan, apakah mereka memiliki beberapa bisnis? Atau apakah mereka mencari pekerjaan?
  • Gaya hidup mereka : bagaimana mereka menghabiskan waktu kerja dan waktu luang mereka?

Meskipun Anda tidak memiliki gambaran pelanggan Anda namun bayangkan seperti apa model pelanggan yang sempurna di mata Anda. Siapa yang butuh bisnis Anda, dan apa yang mereka sukai?

3. Ketahui Bagaimana

Elemen verbal dan visual yang Anda gunakan untuk mengekspresikan merek Anda adalah hal yang perlu Anda ketahui pada proses berikutnya. Anda harus mencari tahu:

  • Kata-kata apa yang akan Anda gunakan untuk mengekspresikan penawaran Anda. Ini termasuk nama bisnis Anda, slogan dan “janji merek,” dalam bentuk teks singkat yang akan Anda gunakan untuk menjelaskan apa yang ditawarkan perusahaan Anda, siapa yang Anda layani dan bagaimana Anda membantu mereka.
  • Warna apa yang akan Anda gunakan. Pilihan warna penting untuk elemen branding Anda.
  • Font apa yang akan mewakili bisnis Anda. Setelah Anda memilih font, pastikan untuk menggunakannya secara konsisten di web dan di brosur Anda.

Setelah Anda memutuskan branding merek di atas, fokus Anda selanjutnya bergerak untuk menyebarkan pesan merek Anda.

4. Ketahui yang Mana

Ketika Anda membuat merek Anda sendiri, manfaatkan tools murah (dan terkadang gratis) yang tersedia:

  • Perangkat lunak situs web open source seperti WordPress akan membantu Anda membuat website dengan mudah dan gratis.
  • Perangkat lunak desktop open source seperti OpenOffice akan membantu Anda membuat materi branding seperti ebooks, iklan web, grafik, dan presentasi.
  • Retouching foto online dan pembuatan gambar yang bisa dengan mudah dilakukan di iPiccy.

Media sosial memberi Anda tempat gratis untuk membagikan merek Anda. Anda membayar dengan waktu Anda, dan tentu saja itu lebih murah daripada mengambil iklan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *