DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

Melakukan Riset Pasar

Riset pasar merupakan bagian penting dalam strategi bisnis. Coba Anda pertimbangkan statistik terbaru tentang pembeli B2B (business to business) dari studi 2015 oleh Think With Google berikut ini:

89% pembeli menggunakan internet selama proses penelitian B2B.

71% mulai dengan kueri penelusuran umum (mereka mencari topik, bukan merek Anda).

57% evaluasi mereka dilakukan sebelum mereka melakukan pembelian di situs Anda.

Apa yang harus dilakukan pemilik bisnis untuk memastikan pembeli Anda menemukan Anda lebih awal dan memutuskan untuk membeli produk Anda? Strategi yang Anda buat harus berdasar riset pasar yang tepat. Berikut ini caranya:

Identifikasi Peluang untuk Setiap Grup atau Komunitas Bisnis Online

Verifikasi dan pahami kebutuhan yang tidak terpenuhi dari kelompok/komunitas bisnis online tertentu. Apa yang mereka butuhkan dan belum terpenuhi? Beberapa metode pengumpulan data bisa dicoba misalnya mewawancarai pelanggan dan investor, membuat kuisioner, servei online, membaca media online dan mendengarkan apa yang dikatakan anggota komunitas bisnis klien dan mengamati apa yang mereka lakukan. Kemudian, Anda dapat mengembangkan versi awal produk Anda yang Anda uji coba, atau menguji pasar, untuk memverifikasi apakah produk Anda diprediksi akan laku dijual atau tidak.

Periksa Seberapa Besar Potensi Pasar (Market Size) dan Seberapa Banyak Orang yang Memiliki Kebutuhan yang Belum Terpenuhi.

Identifikasi berbagai sub kelompok, atau segmen pasar dari komunitas bisnis online yang Anda ikuti tentang masing-masing fitur dan preferensi unik mereka. Metode pengumpulan data yang berguna mungkin, misalnya, membaca tentang kecenderungan demografi dan juga kebiasaan mereka, misalnya saja Anda dapat mengamati apa yang mereka lakukan, ke mana mereka pergi dan apa yang mereka diskusikan.

Tentukan Metode Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Target Pasar yang Belum Terpenuhi

Metode yang bisa digunakan misalnya saja bertanya tentang preferensi mereka, kebutuhan yang tidak terpenuhi dan bagaimana kebutuhan tersebut dapat dipenuhi. Pada saat yang sama, tanyakan kepada mereka apa yang mereka perlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Jangan Lupa untuk Menyelidiki Persaingan

Dalam dunia bisnis online, Anda bisa dengan mudah cek produk, layanan, teknik pemasaran, harga, lokasi, dan sebagainya untuk melihat tingkat persaingan. Salah satu cara terbaik untuk memahami pesaing Anda adalah dengan menggunakan layanan mereka. Kunjungi lokasi bisnis mereka, lihat sekeliling dan lihat beberapa fitur mereka.

Berbagai metode riset pasar di atas bisa dilakukan secara langsung atau melalui online. Survei melalui email, pembagian kuisioner atau survei telepon bisa jadi media perantara yang mudah untuk dilakukan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *