DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Cara Menemukan Ide Produk yang Tepat untuk Dijual

menemukan ide produk

Salah satu bagian terpenting dari memiliki toko online yang sukses adalah memiliki produk yang sebenarnya ingin dibeli oleh banyak orang sehingga laris di pasaran. Atau dengan kata lain, Anda memiliki produk yang “trendi.”

Masalahnya adalah, menemukan produk baru yang sedang tren bisa jadi sulit – pada saat Anda melacak sumber, tren sudah berakhir, dan mereka tidak lagi diminati. Atau di lain waktu, Anda sering ragu-ragu kapan dan di mana harus memulai.  Biar tak salah pilih, mari kita simak Cara Menemukan Ide Produk yang Tepat untuk Dijual berikut ini:

Jelajahi Google Trends

Jika Anda tidak yakin tentang kelayakan produk tertentu yang ingin Anda jual, Anda dapat mempelajari tren dan popularitasnya hanya dengan mengetikkannya ke Google Trends.

Dengan menggunakan tolls gratis ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah melihat tren volume penelusuran dari waktu ke waktu dan melihat apakah ide produk yang ada di benak Anda sedang meningkat atau tidak. Anda juga dapat melihat volume pencarian berdasarkan lokasi geografis. Atau jika Anda masih bingung ide produk apa yang akan Anda jual, Google trends juga bisa membantu Anda menemukan ide produk yang sedang trend di lokasi tertentu.

Jelajahi Produk Populer di Pasar Online

Selain mendapatkan ide produk di Google trends, Anda juga dapat menjelajahi pasar online (marketplace) untuk mendapatkan ide produk yang sedang laris di pasaran. Ada banyak informasi untuk disortir, dan marketplace ini akan membantu Anda lebih memahami jenis produk apa yang sedang banyak dibutuhkan orang. Salah satunya untuk skala global Anda bisa lihat situs seperti eBay dan Amazon untuk mencari tahu produk mana yang paling laris.

Cari Ide Produk yang Sedang Ngetren di YouTube

YouTube adalah mesin pencari untuk video yang sangat besar, jadi jangan lupa untuk menonton beberapa video produk di sini. Telusuri “produk yang sedang tren 2018” untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang sedang populer saat ini. Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda jual, Anda juga dapat menemukan tren di niche tertentu – cukup ketik “X trends 2018” atau “best X in 2018” di mana X adalah produk Anda.

Produk yang sedang tren sering ditampilkan dalam video yang tampil di homepage youtube. Anda bisa mencari dan melihat beberapa produk populer di hasil pencarian. Jangan lupa untuk menjelajahi ulasan video terkait lainnya juga. Secara umum, semakin banyak tampilan video, semakin banyak permintaan untuk produk yang dapat Anda harapkan.

Beberapa metode diatas bisa dijadikan sebagai basis data ide produk yang laris dijual di pasaran walaupun tidak dapat memberi Anda jaminan produk Anda juga laris seperti itu. Memahami teknik riset yang baik akan lebih memberi peluang Anda mendapatkan ide produk yang cemerlang.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *