Fundamental Internet Marketing

Saya tau, kebanyakan dari Anda yang bergabung ke group ini karena ingin belajar bagaimana cara berjualan online, khususnya bagi Anda yang baru pertama kali jualan.

Mungkin ada juga yang sudah jualan tapi hasilnya masih tidak memuaskan. Sudah beriklan di Facebook tapi produk yang dijual juga tidak laku-laku juga.

Kebanyakan orang berjualan online, hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama. Ada juga yang berjualan online Karena itu merupakan sumber penghasilan utamanya.

Internet yang dulu kita anggap media hiburan, ternyata mampu mendorong banyak orang untuk membangun bisnis hanya melalui internet.

Waktu awal-awal saya mulai berjualan online, segala sesuatunya terlihat abu-abu, dalam hati saya bilang :

  • Apakan bisa mendapatkan penghasilan hanya berjualan online ?
  • Produk apa yang bisa dijual melalui online ?
  • Bagaimana caranya ?
  • Berapa modal yang dibutuhkan ?
  • Dan pertanyaan lainnya dalam hati saya waktu itu

Berjalannya waktu, semakin sering bertemu orang-orang yang juga berjualan online, saya semakin sadar bahwa berjualan online tidak sesulit seperti apa yang saya bayangkan dulu.

Sebelum Anda mulai berjualan online, pikirkan dari awal bahwa yang akan Anda lakukan tidak hanya berjualan, tapi membangun sebuah bisnis. Mulai tanamkan dalam diri Anda bahwa berjualan online mudah, beriklan di facebook itu mudah. Miliki mindset bisnis yang benar dalam hati Anda.

Banyak yang membayangkan berjualan online itu susah dan sangat menyeramkan. Tapi di satu sisi kita melihat ada kurang lebih 90 juta pengguna internet di Indonesia. Ada pasar & peluang besar yang bisa kita gali disana. Bagi yang gaptek & memiliki keterbatasan modal akan putus asa di awal.

Sebenarnya berjualan online untuk kondisi saat ini mudah sekali dilakukan, apalagi sejak adanya marketplace seperti Tokopedia & Bukalapak.

Anda yang yang belum memiliki produk sendiri, bisa mulai berjualan produk miliki orang lain. Di Tokopedia banyak sekali produk-produk orang lain yang bisa Anda jual. Berjualan dengan cara ini disebut dengan sistem dropship.

Anda hanya perlu mencari produk & supplier, bermodalkan gambar produk, tawarkan ke orang-orang di Internet, menjual dengan harga lebih mahal atau bisa juga dengan sistem komisi antara Anda dan supplier.

Jika sudah mendapatkan produk, langkah selanjutnya adalah post produk tersebut ke Fanpage Anda. Kenapa Fanpage ? Karena nantinya kita akan mengiklankan produk ini menggunakan Facebook Ads.

Sebagai penjual, kita harus bisa membuat calon pembeli datang ke toko online kita. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan social media, bisa dengan yang gratisan atau berbayar. Saya sendiri lebih suka yang berbayar, Karena yang berbayar lebih bisa diukur dibandingkan yang gratisan.

Jujur, banyak produk yang saya jual hanya melalui Facebook saja. Saya juga sudah tidak pernah berjualan di marketplace, alasannya Karena disana sudah banyak sekali kompetitor yang menjual produk sejenis dengan harga yang lebih murah. Hancur-hancuran harga di marketplace tidak bisa dihindari.


KEMBALI KE SEMUA MATERI