Dapatkan Strategi Terbaru Berjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan 3x Lebih Banyak

Masukan Nama dan Email Aktif Anda, Kemudian Klik Tombol DAFTAR SEKARANG Untuk Mendapatkan Materinya

Kerja Dulu atau Langsung Memulai Bisnis? Ini Hal-Hal yang Harus Anda Pertimbangkan

bisnis atau kerja dulu

Hal lain yang membuat banyak calon sarjana takut adalah kenaifan seperti apa dunia setelah kelulusan. Banyak cerita yang mengatakan bahwa baik mencari kerja maupun membuka usaha itu tidaklah mudah.

Faktanya adalah bahwa dunia kerja atau bisnis totally different alias beda banget dengan kuliah. Orang tuamu mungkin sudah memberitahumu akan hal itu, tetapi mereka tidak benar-benar tahu akan kondisi riil saat ini. Mereka hanya ingin Anda melakukan apa yang menurut mereka paling baik, yang biasanya berarti menghindari risiko besar.

Tapi, yang perlu Anda sadari adalah bahwa sekarang adalah momen yang tepat ketika Anda mampu mengambil risiko tersebut. Pilihannya cuma dua mau kerja dulu atau langsung memulai bisnis?

Jika Memilih Berkarir/Kerja Terlebih Dahulu

Jika Anda berusia 20 tahunan , terlepas dari apakah Anda lulus dari perguruan tinggi atau tidak, ada dua hal yang harus Anda ingat yaitu soft skill atas konsep hard skill. Kita hidup di dunia dengan banyak informasi dan pembelajaran yang dipercepat berkat bantuan teknologi. Tidaklah sulit untuk mempelajari kemampuan “teknis” khusus yang secara formal dibutuhkan oleh pekerjaan, tetapi menjadi orang yang lebih baik secara soft skill- itu tugas yang jauh lebih sulit.

Jadi jika Anda berada di awal karir Anda, berikut adalah lima softskill teratas yang sangat penting yang saya sarankan sebagai prioritas untuk Anda kembangkan:

  •         Empati dan mendengarkan
  •         Komunikasi: berbicara dan bernegosiasi
  •         Membuat keputusan sekejap, bertindak atas mereka, dan berorientasi pada hasil
  •         Loyalitas, berkomitmen dan ditentukan
  •         Kerja tim dan kepercayaan sosial

Jika Memilih Langsung Memulai Bisnis

1. Bangun Jaringan bisnis

Memulai bisnis Anda sendiri sulit, jika tidak mau dikatakan hampir mustahil – tanpa sistem pendukung yang solid dari keluarga, teman, kolega, dan orang lain yang telah turun jalan kewirausahaan sebelumnya.

2. Jangan Henti-Hentinya Mencoba Mencari Pelanggan Baru dan Perbaiki Produk yang Telah Ada

Salah satu bagian tersulit dalam memulai usaha adalah menarik klien pertama sehingga Anda harus sangat gigih untuk mewujudkannya. Lakukan juga perbaikan terhadap produk yang Anda tawarkan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar.

3. Jangan Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Setiap kali Anda mengambil jalan yang jarang dilalui, penting untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain yang tidak berada di jalur yang berbeda. Terutama sebagai seorang wirausahawan, mudah merasa cemburu pada teman-teman atau rekan-rekan yang mengambil jalur karir terutama membandingkan dari sisi gaji mereka.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *