DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Social Media Marketing

social media marketing

Banyak pemasar online mengungkapkan bahwa media sosial mereka tidak berfungsi dengan baik sebagai salah satu metode pemasaran. Sebenarnya media sosial ini tidak bekerja untuk Anda karena Anda tidak melakukannya dengan benar. Sebagian besar perusahaan tidak memasukkan media sosial dengan sukses ke dalam upaya pemasaran mereka. Biasanya mereka mengikuti tren orang lain dan dengan cepat menjadi putus asa karena kurangnya hasil positif.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang membuat Anda tidak menyadari potensi media sosial Anda sepenuhnya :

Menganggap Pemasaran di Sosial Media sebagai Sebagai Metode yang Tidak Efektif

Jika Anda yakin media sosial tidak tepat untuk demografi Anda atau industri Anda, Anda salah. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa media sosial hanya untuk remaja dan ahli teknologi. Itu bukan lagi kasusnya. Sebagai contoh, satu studi telah menunjukkan bahwa demografi yang paling cepat berkembang di Twitter adalah usia 55-64 tahun dan bahwa demografi yang tumbuh paling cepat di Facebook adalah usia 45-54 tahun. Anda akan menemukan demografi lainnya juga terwakili. Media sosial telah menembus semua lapisan masyarakat kita.

Tidak Memiliki Rencana Pemasaran melalui Media Sosial

Pemasaran Media Sosial dapat menjadi pemborosan waktu yang sangat besar jika dilakukan tanpa rencana dan tindakan yang tepat. Banyak perusahaan jatuh ke dalam perangkap ini. Mereka secara sporadis memposting sesuatu ke akun media sosial mereka, berbagi beberapa konten mereka di sana-sini dan mencoba untuk menarik pengikut atau penggemar. Itu bukan pemasaran media sosial; karena tidak memiliki rencana.

Pemasaran media sosial harus didekati dengan cara yang sama Anda mendekati perencanaan Anda untuk setiap kampanye pemasaran. Anda harus memiliki tujuan spesifik, anggaran, dan rencana aksi konkret yang menguraikan apa yang ingin Anda capai, bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda, bagaimana Anda akan mengukur hasil, dan sumber daya apa yang perlu Anda alokasikan.

Mengukur dengan KPI yang Salah

Ketika mengukur key performance indicator (KPI) untuk pemasaran media sosial Anda, banyak pemasar jatuh ke dalam perangkap metrik yang tidak tepat. Mereka mengukur jumlah penggemar di Facebook atau pengikut di Twitter, dan jika jumlah ini bertambah, mereka senang. Pemasaran media sosial tidak berbeda dari saluran pemasaran lainnya. Anda harus mengukur dampak upaya media sosial Anda terhadap bisnis Anda, bukan jumlah total penggemar atau pengikut Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *