Oke, di video kali ini saya akan membahas tentang ads copy, atau lebih mudahnya Copywriting.

Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan. Tulisan ini disebut dengan copy.

Copy adalah teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website dan lain-lain.

Meskipun dalam perkembangannya, copy bukan lagi hanya teks.

Copy dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan Anda.

Copywriting sangat penting dalam bisnis online yang menggunakan media tulisan untuk berhadapan dengan calon pembeli.

Dalam bisnis online, menggunakan teknik copywriting sama seperti menggunakan salesman untuk menarik calon pembeli untuk membeli produk kita.

Hanya saja, salesman ini berwujud tulisan di dalam website maupun iklan apapun yang menggunakan tulisan.

Fungsi Copywriting antara lain :

  • Meyakinkan orang-orang supaya mau melakukan apa yang Anda inginkan.
  • Mengubah prospek menjadi pembeli
  • Mengedukasi customer.
  • Membuat pengunjung betah membaca tulisan Anda.

Melewatkan copywriting dalam bisnis online sama saja membuang 80% biaya dan waktu.

Banyak pebisnis online sangat minim pengetahuan mengenai copywriting, sehingga banyak biaya & waktu yang terbuang karena membuat iklan atau konten yang kurang atau bahkan sama sekali tidak menarik minat pembacanya.

Nah, berikut adalah strategi copywriting yang bisa Anda gunakan ketika beriklan dengan PPE

Yang pertama adalah, buat headline yang menarik. Karena ini adalah pemicu apakah audience atau target iklan mau membaca iklan Anda atau tidak.

Headline adalah bagian terpenting dari penawaran promosi yang Anda buat. Headline juga disebut sebagai judul sebuah tulisan Anda, tetapi ini bukan sembarangan menulis judul.

Headline atau judul penawaran Anda harus menarik. Jika headline Anda sudah tidak menarik, maka dapat dipastikan orang-orang tidak akan membaca penawaran promosi selanjutnya. Buatlah headline yang membuat mereka ingin terus membaca penawaran Anda.

Saya tekankan lagi, buatlah headline yang menarik. Karena headline adalah iklannya iklan Anda. Jika Anda tidak membuat headline yang menarik, maka mereka tidak akan membaca tulisan Anda lebih lanjut dan pasti tidak akan terjadi interaksi.

Anda juga bisa menambahkan emoticon atau symbol pada headline yang Anda buat.

Yang ketiga buatlah semacam readmore atau baca selengkapnya dibawah headline Anda, tujuannya supaya mereka semakin penasaran dengan tulisan Anda.

Cobalah ajukan pertanyaan kepada audience Anda seperti,

  • Mau dapatkan produk ini dengan harga special ?
  • Kira2 berapa harga pasaran produk ini diluar sana ?
  • Yakin ga mau dapetin bonus nya ? Khusus hari ini saja looh.

Offer atau penawaran yang Anda berikan bisa berupa gratis ongkir atau harga yang lebih murah

Jangan lupa berikan pembanding di copywriting Anda, buatlah pembanding dari segi harga dan kualitas. Bisa dari kualitas barang ataupun pengiriman.

Misal 1 hari dijamin sampai.

Yang terakhir gunakan Teknik Scarcity atau kelangkaan atau keterbatasan.

Misal, terbatas hanya untuk 10 pembeli pertama, terbatas hanya untuk 10 orang yang menghubungi CS sekarang,