DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Tantangan Memulai Bisnis yang Bisa Anda Siasati dengan 7 Cara Ini

Tantangan menjalankan bisnis

Bicara soal memulai bisnis, perlu diakui bahwa gak gampang buat mengeksekusi niat tersebut. Pasalnya, banyak orang merasa mulai menjalankan bisnis itu gak mudah. Banyak orang merasa gak sanggup buat menghadapi berbagai tantangan bisnis.

Banyak tantangan buat mulai bisnis memang benar adanya. Namun, bukan berarti Anda gak bisa menghadapinya, lho! Anda bisa menyiasati berbagai tantangan dalam bisnis. Caranya adalah dengan mengikuti 7 langkah berikut bila Anda pengin memulai berbisnis.

1. Bisnis Plan

Tahu gak apa yang sering kali bisnis terkendala buat dijalankan? Salah satunya adalah calon pebisnis gak bikin bisnis plan. Padahal dengan bisnis plan, Anda bisa memprediksi bakal seperti apa ide Anda.

Dengan rencana bisnis tersebut, Anda bisa menghitung modal, keuntungan, sampai menyiapkan strategi bisnis. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan apakah ide tersebut layak dieksekusi atau gak.

2. Konsep Menarik

Setelah punya bisnis plan, ada baiknya Anda siapkan pula konsep yang menarik buat bisnis Anda. Apalagi kalau ide Anda bukan lagi ide baru.  Anda perlu stand-out dan bisa mencuri perhatian pasar bila disandingkan dengan para kompetitor Anda.

Misal, meskipun ide bisnis Anda sudah umum, Anda bisa menambahkan elemen-elemen unik tertentu. Contoh, bisnis kuliner seperti Martabak sudah biasa kan? Namun, beberapa merek seperti Martabakku Menteng atau Markobar bisa mencuri perhatian karena konsep martabak mereka yang unik dan kekinian.

3. Kualitas Produk

Yang pasti, tantangan bisnis bakal terjawab bila Anda memerhatikan kualitas produk. Apapun konsep yang Anda bawa bila gak dibarengi kualitas mumpuni ya sama saja.

Jadi, gimanapun tetap kualitas produk maupun jasa yang Anda jual harus bisa berada di atas rata-rata dan gak mengecewakan pelanggan Anda.

4. Pelayanan

Selanjutnya, Anda bisa menawarkan pelayanan yang mumpuni buat pelanggan Anda. Pasalnya, bisa jadi Anda punya ide bisnis yang sama dengan kualitas sama pula. Namun, soal pelayanan bisa jadi berbeda dan kemungkinan besar emang beda.

5. Promosi

Promosi pun tetap jadi bagian penting bila pengin jawab tantangan bisnis yang bakal sukses atau gak.

Anda perlu memikirkan strategi promosi yang tepat sesuai dengan produk atau jasa serta pangsa pasar Anda. Gak semua bisnis cocok dengan strategi promosi online, ada malah yang lebih cocok gunakan strategi offline. Meski demikian, promosi online tetap bisa Anda lirik demi merekrut lebih banyak pelanggan.

6. Inovasi Terus-Menerus

Yang pasti, jangan lupa lakukan inovasi terus-menerus. Sebab inilah salah satu langkah paling penting bila Anda pengin bisnis Anda bertahan lama.

Dengan demikian, kekhawatiran Anda selama ini mengenai gagal berbisnis bisa terjawab dengan baik. Anda bisa sukses karena Anda senantiasa melakukan evaluasi dan inovasi.

7. Bermental Kuat

Yang pasti, jangan lupakan mental yang kuat ya. Gimanapun saat berbisnis kadang bisa saja sesuatu yang gak Anda inginkan terjadi. Namun, bukan berarti kalau kegagalan terjadi, Anda harus menyerah begitu saja.

Nah, mental kuat seperti baja adalah jawaban buat Anda yang ingin mulai berbisnis.

Jadi, gimana? Sudah siap buat jalankan bisnis dengan cara yang sudah disebutkan di atas?

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *