Teknik Closing

Kali ini saya mau sharing salah satu teknik yang wajib dikuasai oleh siapapun yang berjualan online. Saya akan sharing tentang teknik closing dan teknik follow up.

Yuk, kita bahas satu per satu …

Sebelum saya menjelaskan lebih detail mengenai teknik closing, saya akan bercerita tentang kondisi yang pernah saya alami selama berjualan online, mungkin Anda pernah mengalaminya juga.

  • Sudah promosi kemana-mana tapi ga ada yang beli juga …
  • Sudah ngiklan di Facebook, tetap aja ga ada penjualan …
  • Sudah banyak yang tanya, tapi ujung-ujungnya ga ada kabar …
  • dll

Mungkin juga ketika calon pembeli menghubungi Anda berakhir seperti ini :

  • Nanti saya kabarin lagi yaa …
  • Saya tanya suami dulu ya sist …
  • Saya pikir-pikir dulu yaa
  • Cuma di READ & ga ada respon …
  • Nomor kita di block calon pembeli …
  • dll

Jika Anda pernah mengalami hal seperti diatas, disinilah pentingnya teknik closing dan teknik follow up.

Teknik closing adalah salah satu teknik penjualan supaya terjadi adanya transaksi dan calon pembeli segera melakukan pembayaran. Skill ini wajib Anda kuasai, apalagi jika Anda sudah mulai beriklan di Facebook ( Facebook Ads ).

Rejeki sudah ada yang atur …

Kata bijak diatas memang benar kalo “rejeki sudah ada yang mengatur”, tapi kebanyakan kata bijak ini dijadikan pembenaran oleh mereka yang ga ( belum ) tau teknik closing. Mereka beranggapan bahwa rejeki yang mereka terima ya segituu aja, mereka merasa sudah melakukan yang terbaik, bahkan menggunakan kata ” sudah berserah” sebagai pembenaran atas ketidakmengertian mereka ketika berjualan online.

Ok, lalu apa saja yang harus dilakukan supaya produk yang Anda jual bisa laris terjual dengan teknik closing ? Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda terapkan :

1. Memberikan Harga Spesial

Berikan harga spesial kepada calon pembeli bertujuan untuk mendorong terjadinya transaksi. Dengan memberikan harga spesial, calon pembeli merasa diberikan harga khusus dari penjual.

Cara ini sudah saya lakukan di salah satu toko online yang saya miliki, Anda bisa cek disini www.facebook.com/sepatuskechers

Untuk mendapatkan harga spesial, syaratnya mereka harus melakukan SHARE & KOMENTAR di postingan yang sedang saya iklankan, itulah kenapa interaksi di salah satu postingan toko online saya bisa mencapai 8.000an komentar.

Seperti yang saya share di group Facebook saya ini => https://www.facebook.com/groups/aguskristianto/permalink/791052761019793/

2. Besok Harga Naik

Teknik ini biasanya sering digunakan oleh pemain properti. Silahkan Anda cek, hampir semua iklannya pasti berujung “Besok Harga Naik”.

Teknik ini dilakukan supaya calon pembeli tidak menunda pembelian, sehingga calon pembeli merasa harus membelinya sekarang, jika tidak membeli sekarang, maka ia akan mendapatkan produk dengan harga yang lebih mahal.

3. Memberikan Diskon

Salah satu teknik ini merupakan cara yang paling familiar digunakan di kalangan pebisnis, yaitu dengan memberikan diskon atau potongan harga. Dalam penerapan diskon, jangan sampai membuat Anda rugi. Hitung dari awal berapa batas pemberian potongan harga kepada calon pembeli, sehingga tidak mengurangi margin keuntungan terlalu banyak.

Hal penting lainnya, Anda perlu menggunakan cara ini dengan bijak dan penuh persiapan yang matang. Jangan memberikan potongan harga setiap hari dan pastikan sebelum memberikan diskon, stock supplier Anda memang tersedia dalam jumlah yang banyak.

Saya pernah punya pengalaman ketika memberikan diskon, stock di supplier banyak yang kosong. Terpaksa saya harus mengembalikan uang yang sudah ditransfer oleh pembeli.

Gunakan teknik ini, ketika sedang ada event tertentu, seperti dalam rangka Hari Kemerdekaan, Hari Ibu, Hari Valentine, Hari Belanja Online Nasional, dan sebagainya. Manfaatkan momen yang tepat untuk memberikan diskon kepada calon pembeli.

Dengan teknik ini, toko online saya pernah tembus omset 15juta dalam waktu 3 hari. Tapi perlu Anda ketahui, untuk menghasilkan omset demikian saya membutuhkan LEADS (prospek) sebanyak kurang lebih 7.000 database, dimana database ini berisi orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Fanpage toko online saya. Cara yang saya lakukan adalah dengan melakukan blast promo ke database yang sudah saya segmentasi sebelumnya.

Jadi, jangan pernah meremehkan database !

Ok, demikian materi tentang Teknik Closing yang bisa saya jelaskan, di materi lain saya akan menjelaskan tentang teknik Follow Up.

Anda bisa cek materinya disini => http://bejo.co.id/teknik-follow-up/


KEMBALI KE SEMUA MATERI