Dapatkan Strategi Terbaru Berjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan 3x Lebih Banyak

Masukan Nama dan Email Aktif Anda, Kemudian Klik Tombol DAFTAR SEKARANG Untuk Mendapatkan Materinya

Tips Launching Produk dengan Memanfaatkan Strategi Social Media Marketing

social media marketing

Menurut survey dari sebuah lembaga survey internasional Statista, saat ini setidaknya ada 2,3 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial. Pebisnis pun akhirnya berbondong-bondong ke saluran media sosial, karena mereka menyadari di situlah tempat pelanggan mereka berada. Bahkan ketika launching produk, media sosial menawarkan solusi yang efektif dan murah yang bisa Anda manfaatkan.

Bagi yang masih belum maksimal dalam kampanye Social Media Marketing, gunakan ide-ide berikut ini untuk menginspirasi strategi social media marketing untuk launching produk Anda:

Buat Kampanye Promosi yang Kreatif

Sebelum meluncurkan produk, Anda perlu membangkitkan rasa ingin tahu audience yang jadi target market Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui promosi penggoda yang kreatif, dengan informasi sepotong-sepotong (tidak lengkap) yang jutsru efektif membuat publik mencari tahu akan ada apakah gerangan? Ini yang harus dipikirikan oleh setiap bisnis.

Buat Tantangan Seperti Quiz pada Followers dan Tawarkan Hadiah

Apakah Anda ingin menjangkau lebih banyak customer potensial sebelum peluncuran produk Anda yang sebenarnya? Menciptakan tantangan menarik berupa quiz, give away dan aktivasi lainnya dengan imbalan hadiah yang sesuai dapat menjadi strategi media sosial yang efektif untuk mempromosikan peluncuran produk Anda. Contohnya seperti yang dilakukan HBO yang menantang followers-nya bermain “Game of Thrones” dengan hastag #CatchDrogon sebelum mereka launching premiere Season 5.

Menampilkan Proses dan Review Produk Saat Produksi 

Seperti halnya media sosial, review produk saat produksi adalah cara yang bagus untuk melibatkan followers sebelum peluncuran produk baru. Ketika Anda memposting foto dan video yang menampilkan apa yang terjadi di dalam proses produksi, sama artinya dengan Anda terus-menerus melibatkan audiens dan mempertahankan minat mereka terhadap produk Anda.

Salah satu contoh yang baik adalah bagaimana sutradara Colin Trevorrow terus memperbarui konten pada penggemarnya dengan foto di balik layar film “Jurassic World” sebelum dirilis. Dia memposting gambar non baku untuk memberi tahu para penggemar bahwa mereka telah selesai syuting film.

Buat Hashtag dan Bikin Kontes yang Menarik

Hashtag mendorong pengguna untuk berbagi konten dan menawarkan daya tarik terkait dengan orang-orang yang berpikiran sama. Salah satu contohnya adalah tagar #WellTravelled yang telah menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Daripada mengiklankan nama merek atau produk yang sebenarnya, Herschel membagikan tema yang terkait dengan merek tersebut.

Selain itu kontes juga bisa jadi cara yang efektif dalam sosial media marketing. Ketika orang diberi kesempatan untuk memenangkan sesuatu, mereka cenderung lebih bersemangat untuk mencari tahu produk yang sudah Anda targetkan. Intinya, Anda harus kreatif dan up to date.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *