DAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR BISNIS & MARKETING MELALUI EMAIL

Tips Membangun Bisnis Reseller untuk Bisnis Online Pertama Anda

membangun bisnis reseller Anda

Memulai bisnis reseller bisa menjadi jauh lebih mudah dan lebih murah daripada yang Anda pikirkan! Apalagi jika Anda tidak punya modal yang cukup untuk memulai usaha dengan memiliki produk sendiri. Ada banyak jenis bisnis reseller yang dapat Anda mulai. Beberapa bisnis reseller memerlukan stok fisik, namun beberapa bisnis reseller lainnya dapat dijalankan sepenuhnya melalui internet tanpa pembelian sebelumnya.

Ini berarti Anda dapat memulai bisnis reseller dengan cepat, mudah, dan dengan sedikit atau tanpa investasi modal yang banyak. Penasaran bagaimana bisnis reseller ini berjalan? Mari simakTips Membangun Bisnis Reseller untuk Bisnis Online Pertama Anda berikut ini:

Pilih Jenis Bisnis Reseller yang Ingin Anda Mulai

Dalam istilah sederhana, reseller hanya menjual kembali barang atau jasa perusahaan lain. Ada banyak jenis bisnis reseller yang dapat Anda mulai terlebih dahulu sehingga Anda perlu mengidentifikasi jenis bisnis reseller yang tepat untuk Anda. Reseller dapat membeli produk dari pemasok dengan harga lebih murah dan kemudian dijual kembali dengan margin keuntungan mereka. Langkah awal yang dibutuhkan adalah memilih jenis bisnis reseller yang Anda suka dan memilih supplier yang terpercaya.

Identifikasi Industri Tempat Anda Ingin Memulai Bisnis

Secara umum menguntungkan untuk memiliki pengetahuan tentang industri sebelum memulai bisnis reseller dan meskipun tidak penting terutama jika Anda merujuk penjualan ke supplier. Namun, lebih mudah untuk memulai jika Anda tahu produk, produsen, dan pengecer yang akan Anda kerjakan. Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis dalam industri baru, Anda harus meneliti industri yang diminati dan menghubungi calon supplier untuk informasi produk, persyaratan, dan harga. Idealnya Anda harus mencari untuk menjual produk yang Anda rasa bergairah dan yakini, dalam pasar yang tidak terlalu jenuh dan terlalu kompetitif.

Identifikasi Target Pasar yang Akan Dimasuki

Setelah Anda memutuskan jenis bisnis mana yang ingin Anda mulai, dan telah meneliti beberapa produk dan pemasok potensial, Anda sekarang perlu mempertimbangkan kepada siapa Anda akan menjual produk tersebut. Siapa yang akan menjadi pelanggan Anda? Di mana mereka akan berada secara geografis? Bagaimana cara kirimnya? Strategi promosi bisnisnya seperti apa dan sebagainya.

Analisa Kompetitor yang Memiliki Bisnis yang Sama Dengan Anda

Semakin sedikit persaingan, bisnis reseller baru Anda akan memiliki lebih banyak keuntungan yang akan Anda hasilkan! Biasanya pemasok/supplier juga tidak akan mengizinkan terlalu banyak reseller untuk berdagang di wilayah tertentu karena hal ini dapat memulai perang harga dan pada akhirnya bunuh diri komersial untuk semua bisnis yang terkait ketika tidak ada lagi sisa keuntungan yang cukup dari produk yang dijual.

Anda bisa cek, analisa dan bandingkan data tentang berapa biaya pesaing Anda, berapa banyak margin keuntungan yang dapat Anda raih secara realistis dan kemungkinan kemampuan meraih market share.

Semua pertimbangan di atas jika dijalankan dengan disiplin akan memudahkan Anda menjalankan bisnis reseller ini dan mendapatkan sukses di dalamnya.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *