Dapatkan Strategi Terbaru Berjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan 3x Lebih Banyak

Masukan Nama dan Email Aktif Anda, Kemudian Klik Tombol DAFTAR SEKARANG Untuk Mendapatkan Materinya

Tolok Ukur Keberhasilan Iklan di Social Media Agar Aktivitas Pemasaran Anda Semakin Efektif

tolok ukur social media marketing

Anda dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan dan bahkan mendapatkan prospek untuk bisnis Anda. Mengukur hasil dari iklan media sosial, bagaimanapun bisa sangat sulit. Penting untuk mengetahui dari mana prospek Anda berasal sehingga Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada saluran iklan media sosial yang berkinerja terbaik.

Jadi, bagaimana Anda mengukur keberhasilan iklan media sosial Anda? Ternyata lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Tips ini akan membantu Anda menentukan ROI dan keberhasilan kampanye iklan Anda.

Tentukan Sasaran Iklan Berbayar Anda.

Untuk menentukan apakah kampanye media sosial anda berhasil, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan tertentu. Sebelum meluncurkan kampanye berbayar apa pun, putuskan metrik mana yang harus diukur dan garis besar bagaimana kampanye Anda dapat membantu Anda mencapai metrik tersebut. Misalnya, sasaran iklan Facebook berbayar sering kali menghasilkan “suka/like” untuk laman perusahaan atau untuk mendorong klik ke situs web eksternal. Pinterest menawarkan pin yang dipromosikan, yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk unggulan dan menautkan kembali ke situs web perusahaan. Kampanye Twitter berbayar dapat mendorong lebih banyak pengikut atau lebih banyak klik ke tautan bersponsor.

Ukur Keterlibatan.

“Keterlibatan” pengunjung media sosial/follower adalah kata ajaib dari pemasaran media sosial, tetapi ini adalah metrik yang paling sulit untuk dipatok. Meningkatkan keterlibatan berarti membuat lebih banyak orang berinteraksi dengan konten Anda. Ketika pengguna menyukai posting Facebook, menyukai Tweet atau menambahkan komentar ke pos mana pun, mereka terlibat dengannya. Admin halaman bisnis Facebook bisa cek ini:

  • Lihat berapa banyak “suka” yang dimiliki setiap pos Anda
  • Pelajari berapa banyak pengguna yang melihat postingan individual
  • Dapatkan tampilan up-to-the-menit pada total halaman suka
  • Lihat siapa yang berbicara tentang halaman Anda
  • Lihat informasi demografis untuk posting Anda untuk membantu Anda mengasah target pasar Anda.

Twitter Analytics menyediakan data untuk:

  • Berapa kali pengguna melihat tweets Anda (disajikan dalam grafik yang menyenangkan)
  • Berapa banyak klik yang diperoleh tautan Anda
  • Berapa kali tweet Anda difavoritkan atau di-retweet
  • Berapa banyak orang yang mengklik untuk melihat media yang disematkan
  • Minat utama pengikut Anda dan siapa lagi yang mereka ikuti.

Anda harus menentukan apakah iklan media sosial Anda menghasilkan prospek dan penjualan. Kecuali Anda mempromosikan pos yang mengarah langsung ke penawaran, menentukan konversi dari iklan ini dapat menjadi rumit. Untungnya, ada alat yang tersedia untuk melacak belanja dan kesuksesan media sosial.

Salah satunya adalah Analytics Sosial yaitu tools/alat Google gratis yang membantu melacak pengguna ketika mereka berpindah dari situs media sosial ke halaman perusahaan. Dengan laporan ini, Anda dapat melihat saluran sosial mana yang berasal dari pengunjung dan halaman situs mana yang mereka kunjungi setelah tiba. Misalnya, jika pengunjung tiba di laman landas dari iklan media sosial berbayar, Anda dapat dengan mudah melacak jika pengunjung berkonversi atau keluar (“pentalan” dari) situs Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *